Jumat, 27 November 2009

Tanpa Perencanaan


Waktu itu kayak hari-hari biasanya (ngupil n nglamun). Semuanya keliatan normal-normal aja. Ngumpulin daun gara-gara gak ngerjain PR, trus ngabisin permen didepan kelas gara-gara ketawan makan pas pelajaran. Itu semua keliatan normal (dan orang yang nganggep ini normal pastilah orang yang abnormal). Bener-bener hari tanpa tantangan.

Pas pulang skulnya, aku sempet liat temenku ngomong ma temennya,"eh,ntar aku kerumahmu ya." Dalam pikiranku,"aaahhhh,,paling-paling cuma numpang makan sambil maen PS (playstation)." Anak jaman sekarang, kerjaannya maen PS mulu. Seolah-olah pelajaran itu urusan ke 10 setelah buang air besar berada diposisi 9 dalam chart ampuh (dan aku pun berpendapat demikian). Dunia ini uda membosankan, dipenuhi orang-orang busuk. Sudah saatnya kubersihkan dunia dari orang-orang macam ini, waktunya menulis di deathnote, mwahahahahahhahaha....(ayo dewa, jatuhkan buku deathnote sekarang juga).

Keesokan harinya berangkat skul kayak biasa. Temenku yang kemaren ngomong lagi ke temennya (aku bener-bener lupa siapa yang ngomong),"latian yg kemaren jangan lupa ya!!"
"Latian apaan, masa maen PS doang dibilang latian?!" Begitulah kata hatiku. Karena penasaran dan curiga apa yang mereka omongin (jangan-jangan mereka membicarakan hal tabu!!?), akhirnya pas istirahat aku nanya mereka, sebenarnya apa yang sedang dibahas. Dan dengan lugunya mereka jawab,"loh, ntarkan ada ambil nilai kesenian, tiap anak bikin kelompok trus nyanyi depan kelas pake gaya." Seketika itu juga andheng-andhengku kabur satu (itulah mengapa sekarang andheng-andhengku tinggal satu di kiri).

Bagaimana mungkin hal kayak gini lupa??! Pasti pas dikasih tau hari sebelumnya, aku lagi ngupil, jadi gak denger gurunya ngomong apa. Karna kelompok laen uda penuh,dengan segera aku nyari temenku yang belum dapet kelompok. Dari sekian peserta kontes, hanya 2 yang tersisa. Hansen Leon, bocah chinese yang sering ku siksa (dan dia tak pernah dendam), dan Eka Putra, bocah chinese juga yang lugunya minta ampun DJ. Kepada 2 orang ini aku berteduh..

Misi pertama, nyari kelompok uda sukses, tapi ada masalah laen. Misi kedua, nentuin lagu ma gerakannya belum tersedia. Berdasarkan jam tangan canggihku (yang kalo dipencet bisa jadi alien kayak ben 10), waktu yang tersisa adalah...... berhubung waktu itu belum punya jam, jadi gak tau. Intinya waktu istirahat uda mau selesai. Akhirnya dengan tatapan yang mantap dan terpercaya, kubilang,"udalah, ntar ngikutin aku aja." (harusnya waktu itu ku bilang "watch n learn" biar keren).

Tiba saatnya pelajaran kesenian. Satu per dua temenku pada maju. Ada yang kelompoknya cewe cowo, nyanyi nya lagunya Sherina, yang liriknya,"dia pikir..dia yang paling hebat..merasa paling jago..dan paling dahsyat..."dst. Tariannya mirip ma yang dipilmnya, petualangan sherina. Ada juga yang cowo semua, jumlah orangnya hampir 10 anak (tadinya mau gabung ma kelompok ini, tapi uda full). Mereka nyanyi lagunya crayon sinchan,"di musim panas..merupakan hari bermain gembira..sang gajah..terkena flu..."dst, lengkap dengan gerakan buatan home industri.

Akhirnya giliran kelompokku maju. Sempet terbayang dipikiranku. Aku lagi konser bareng Hansen ma Eka. Lagunya mantap, tariannya oke, persis kayak grup westlife (kehidupan barat). Penonton pada terkesima ngeliatnya. Beberapa cewe malah pingsan saking senengnya. Ada juga yang bawa spanduk. Tulisannya,"louis 4ever", trus,"I LoPe Louis", abis itu liat belakangnya,"louis the best". Aku liat belakangnya lagi tulisannya,"Louis Fuck!!","Go hell Louis!!". Seketika itu juga aku balik ke dunia nyata.

Temen-temenku tadi yang uda maju pada nyanyiin lagu yang lagi populer. Karna gak mau ketinggalan, aku juga nyanyiin lagu yang gak kalah populernya. Lagu itu dinyanyiin ma penyanyi yang terkenal. Lagu itu menduduki chart ampuh selama berminggu-minggu. Lagu itu judulnya,,,"aku anak gembala", oleh Tasya. (mwahahahhahaha, bener gak judulnya?).

Dengan ketukan 4 per 4 sama dengan 1, aku mulai nyanyi,,"aku adalah..anak gembala...selalu riang serta gembira...karena aku...senang bekerja,,tak pernah malas ataupun gigih...lalalalalalalalalala.....setiap hari....ku bawa ternak,...ke padang rumput..dikaki bukit...rumputnya hijau..subur dan banyak...ternakku makan...tak pernah sedikit...lalalalallalallalallalalla...."

Tariannya kacau, semua gerakan dibikin secara spontan (uhui).Hansen ma Eka sambil nyanyi, mereka ngeliat kearahku, nyamain gerakan, sementara aku tetep menghadap penonton (kalo aku jadi mereka berdua, mending mengundurkan diri, nilai jelek gak masalah yang penting harga diri utuh). Ntah apa yang merasuki tubuhku mpe nyiptain gerakan konyol gitu (mungkin gara-gara tadi ngebayangin konser westlife).

Walopun secara keseluruhan juri (guru) berpendapat pertunjukanku kacau, tapi kayaknya cukup sukses. Tepuk tangan anak-anak sekelas cukup membuktikan bahwa harga diriku sudah jatuh (ntah tepuk tangan kagum ato puas ngeliat orang gak punya harga diri, yang jelas semuanya tampak hepi). Semua itu bener-bener tanpa perencanaan.

Menurut buku yang saya temukan di kolong wc (kolong ada wc??), kita emang sering nglakuin sesuatu tanpa perencanaan, tapi kalo ngelakuinnya sungguh-sungguh, pasti berhasil. Walopun uda direncanain, tapi ngelakuinnya gak niat, pasti hasilnya kacau. Segala sesuatu itu harus didasari niat yang pasti (mwahahahaha, sekali-kali tampil bijaksana gak papa lah).





Harusnya waktu itu nyanyi lagu westlife aja sekalian, lengkap ma tariannya, pasti cewe-cewe pada gantung diri....

1 komentar:

  1. tipografi buat judulnya diperbaikin dong... bingung nih baca tulisan setelah kata dan hehehe
    but over all thats nice idea guys...
    maju terus pantang mundur... & selalu berkarya

    BalasHapus