Sabtu, 28 November 2009

Bukan Detik - Detik Proklamasi


Inilah detik –detik terakhir yang bisa diselamatkan (maksudnya yang mampu diingat, aku tekankan lagi, yang mampu diingat) ketika berada di Batam, tepatnya di SD Yos Sudarso Internasional school of inteligent student most ever had in this world (artinya adalah.... tak tau). Kalo di film tu ibaratnya ending, kalo di pelajaran bahasa Indonesia ibaratnya penyelesaian masalah, kalo di peribahasa ibaratnya, bagai ubi di daun talas yang udah setengah mati, entah apa maksudnya, lupakan aja..

Adegan pertama, ”Chandra n his new hair syle”. Jadi begini,alkisah ada temanku bernama Chandra, orangnya cukup populer, ditambah dengan kemampuan bermain badminton yang sangat elegan, membuat lawan skak mat ketika bermain catur. Selama bertahun-tahun, year by year, bocah Chinese ini selalu berambut tengah, mengingatkanku pada tokoh Pedro dalam telenovela “Amigos” (wkwkkwkwk,tontonan masa kecil). Entah kenapa gaya rambut BT (BT= belah tengah, kalo BP = belah pinggir, kalo BD= belah duren) ini jadi ikutan populer karena Chandra, bahkan mengalahkan gaya rambutku ala Hitler.

Bertahun-tahun rambutku berbentuk BT karna pengen ngikutin mode. Namun suatu ketika dan tak disangka-sangka, di pagi bolong, Chandra muncul dengan gaya rambutnya yang new. Gaya rambut ala Pedro van Chandra udah musnah, digantiin dengan gaya ala kesetrum listrik, seolah olah gravitasi bumi pindah keatas, bukan dibawah lagi (tapi ternyata rambut beginian populer di masa mendatang).

Adegan kedua, ”Jack, you just ngerusakin jam tangan baru gue!!”. Dahulu gak pake jam tangan tu sama aja gag pake kolor (tapi skarang uda digantiin ma hape, jadi jam gag buth-butuh amat). Jadi tiap jam tanganku rusak, langsung dibeliin yang baru dah. Suatu hari aku dibeliin jam tangan yang keren, bentuknya futuristik n warnanya silver (tapi kalo sekarang aku liat,pasti norak). Tiap hari wajib dipake. Namun nasibnya gak nyampe seminggu karna keburu sirna di tangan Jacky, ya, namanya Jacky.

Waktu itu pas pulang sekolah. Sambil nungguin dijemput, aku maen-maen dulu ma Jacky. Entah permainan apa yang sedang dimainkan oleh anak kecil ingusan, yang jelas waktu itu tanganku dipegang-pegang ma Jacky (bukan dipegang-pegang dalam arti negatif loh,lagian masa anak kecil udah homo). Secara naluriah n biar gag disangkain homo, kutarik tanganku sekuat tenaga kuda. Kejadian ini membuatku kehilangan barang penting. Untungnya bukan keperjakaanku yang ilang, tapi jam tanganku. Bentuknya udah gag utuh lagi tu jam tangan, talinya rusak. Tapi untunglah aku orangnya sabar, jadi tu anak gag kumarahin, cuma rada dendam doang.

Adegan ketiga, ”rahasia”. Berkisah tentang Adrian n his secret. Aku lupa tu kejadiannya pas pulang sekolah ato pas siang hari, ato pulang sekolah di siang hari. Yang jelas intinya aku lagi jalan entah mau kemana, tiba-tiba Adrian ma adiknya nongol. Ideologi ”Jangan-jangan aku mau dirampok” muncul.

Dengan tatapan serius rada bercanda, Adrian berkata,
”uis, aku mau ngomong sesuatu..”
Apakah Adrian akan menyatakan bahwa dia homo?? Ataukah dia akan berkata bahwa telah melihat adegan homoku bersama Jacky?? Yang jelas aku bukan homo, aku tekankan sekali lagi, bukan homo...
”ngomong apa??”
”tapi ini rahasia loh..”
”iya tenang aja..”
”sebenernya aku suka....”
Apakah Adrian akan menyatakan bahwa ia suka padaku?? Ataukah dia akan berkata bahwa dia suka melihat adegan homoku bersama Jacky?? Yang jelas aku bukan homo, aku tekankan dua kali lagi, bukan homo..
”sebenernya aku suka sama S**i..”
”wow..”
”kamu suka sama siapa uis?? Jujur aja. Ini rahasia kita bertiga kok, aku juga udah tau adikku suka ma sapa..”
”...” aku cuma bisa diem sambil mikirin, aku suka sama siapa..
”ayo kamu suka siapa??”
”enngg, aku suka sama Ivon” sebenernya pengen bilang kalo aku juga suka ma S**i, tapi ntar malah saingan.
”wow.. tenang aja, ini rahasia kita bertiga, jangan bilang sapa-sapa loh..”

Entah apa tujuan dari pembicaraan itu. Aku pun juga gak tau ngapain Adrian nanyain hal begituan?Mungkin kelak dia bakal bikin persekutuan ”kamu suka siapa”.

Kira-kira begitulah kejadian yang bisa kuingat sebelum akhirnya aku pindah ke Semarang. Bisa dibilang pindahnya ini secara mendadak (ato aku nya aja yang tak mendengarkan diskusi keluarga kalo bakal pindah ke Semarang). Yang jelas aku gag sempet mengucapkan kata-kata mutiara sebagai tanda perpisahan buat temen-temen sekelas. Kebetulan sebelum pindah,aku ulang taun, trus dikasih kado ma Adrian. Kuanggep dia ngewakilin anak-anak sekelas buat ngasih kenang-kenangan (sekarang barangnya masih ada,walopun uda hampir tak berbentuk karna kejamnya waktu).


Liburan kenaikan kelas, tanpa basa basi langsung berangkat ke Semarang. ..





...Hidup baru, lembaran baru, teman baru, sekolah baru, kota baru, cuma tampangnya yang gak baru..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar