Sabtu, 28 November 2009

Art Attack


Alkisah waktu itu ada acara TV yang namanya “Art Attack” (bukan heart attack, walopun dikuping kedengeran ampir sama, wkwkwkwk..). Diacara itu diliatin cara bikin hiasan, kartu ucapan, dll yang pokoknya kliatan menarik (upil aja uda cukup menarik menurutku). Ada juga yang nunjukin tumpukan baju ato barang bekas yang kalo diliat dari atas menjadi sebuah gambar yang menarik. Pokoknya acara itu bener-bener kreatif. Bahkan anak pemalas macam aku gini mpe rela bangun pagi demi nonton “Art Attack”. Gag cuma aku yang tergila-gila, tapi kedua brotherku, Erik ma Hendrik juga tergila-gila.

Tiap nonton itu, kami semua terkagum-kagum sampe ngiler ngeliatnya. Pembawa acaranya bener-bener kreatif. Entah macam apa bentuk otaknya, apakah kotak? Segitiga? Ato mungkin abstrak kayak upilku, yang konon kadar keabstrakannya melebihi apapun yang ada di dunia ini. Seolah-olah segala hal ditangan sang pembawa acara bisa dijadikan sesuatu yang menarik (mungkin mukaku bisa dibikin sesuatu yang punya nilai seni tinggi). Kami semua bener-bener terinspirasi pokoknya. Pengen rasanya langsung dipratekin tu ilmu, hingga suatu saat datang kesempatan. Aku dikasih tugas disuruh bikin sesuatu yang menarik. Inilah saatnya bereksperimen.

Yang kupikirkan pertama dan terakhir waktu itu adalah bikin gunung berapi. Bahannya kertas, papan dari kardus, dan tentu saja ketampananku yang senantiasa mendukung (yang protes silahkan maju). Langkah pertama, irislah daging setengah, potong daging setengah, tumbukkan bawang setengah…..ah, maaf, salah resep. Pertama kertasnya diwarnain pake spidol, lalu diremas-remas sampe membentuk tekstur yang kasar dan gag jelas. Trus ditempel dipapannya, jadi kayak semacam daratan ato ntah apa istilahnya. Karna ngewarnainnya pake spidol, yang tadinya pengen bikin kayak permukaan bumi, malah jadi kayak kotoran sapi.

Abis itu aku istirahat tidur karna diotakku uda muncul tulisan “lowbat”, trus besok tinggal ngumpulin tugas. Tapi sebelum tidur, aku mikir, kok kayaknya ada yang kurang.. AKH?! Ternyata aku belum bikin gunungnya!? Padahal waktu itu uda malem dan ngantuk banget. Dengan berbagai pertimbangan, tanpa mempedulikan kekuatan mataku, akhirnya ku putuskan untuk…. Tidur..

Beok paginya berangkat sekolah, dengan tampang stay cool aku berjalan ke kelas. Tiap ditanyain temenku tentang tugasnya, aku jawab, “tenang aja” (tenang gundulmu!!). Waktu itu bener-bener gag ada ide mau bikin apa. Kebetulan waktu itu ada temenku yang bawa kertas gambar sisa. Dengan tingkat kepintaran yang pas-pasan, muncullah ide cemerlang, yaitu bikin lukisan dari pensil dikertas itu. Awalnya semangat buat ngegambar, tapi ditengah jalan aku baru inget, kalo bikin lukisan, bingkainya gimana??
Wew…

Bingung mau ngapain lagi, bener-bener gag ada harapan lagi kayaknya. Waktunya pun juga mepet. Akhirnya aku angkat jari telunjukku, dan mulai mencari ide dengan mengupil.
JRREENNGG!!
Muncullah sebuah ide. Aku potongin kertas tadi membentuk sebuah orang, trus aku gambarin muka. Tapi masa aku Cuma bikin orang-orangan kecil gitu?? Jangankan berseni, menarik aja kagak. Ku angkat lagi jari telunjukku dan ku masukin kehidung. Mulai lagi mencari ide.
JRREEENNGG!!! (lagi)
Tiba-tiba muncul jin (bahasa inggrisnya fairy odd parent) dari lubang idungku.
“hohoho…sebutkan 3 permintaan.” kata jin itu.
“apa?? 3 permintaan?? Kau bercanda???”
“huf, baiklah, 4 permintaan.”
“ya sudah, 3 permintaan aja.” Kataku sambil mengacungkan jempol kaki.
“UKH?!! Baik, 3 permintaan, sebutkan!!”
Karna situasi sangat genting dan juga butuh ide secepatnya, tanpa basa-basi aku bilang,”aku harap aku jadi ngganteng!!”
Jin itu muntah beberapa saat, kemudian berkata,”wah susah..”
“kalo gitu aku harap aku jadi tampan!!”
Jin itu kembali muntah-muntah, lalu berkata,” hoek, tambah susah.”
“ya udah, kalo gitu aku harap aku punya ide.”
Kali ini jin itu gag muntah dan berkata,”baiklah, aku kabulkan!! Sekarang saatnya pergi!!”
“loh?? Kok pergi?? Kan baru 1 permintaan??”
“1 permintaan apanya? Uda 3 permintaan tauk, tapi yang ku kabulkan cuma 1, hohohohoo..saatnya pergi!!”
Kemudian pergilah jin itu kembali ke habitatnya. Dengan peniggalan sebuah ide pemberian dari fairy odd parent, akhirnya aku membuat sesuatu yang (mungkin) menarik. Dari sisa kertas itu tadi, aku bikin sebuah kubus. Trus orang-orangan yang aku bikin tadi kutempel diatasnya.

Tibalah saatnya pengumpulan tugas. Beberapa temenku yang gag ngerjain tugas langsung maju ke depan kelas. Kemudian gurunya manggil murid satu per satu buat nunjukin hasil karyanya. Akhirnya giliranku maju.Guruku kaget ngeliat hasil karyaku (mungkin kagum).
“apa-apaan ini??”Tanya guruku.
Dengan wajah tersenyum, aku jawab,”itu tong sampah pak.”
“tong sampah kok kecil gini?? Sana berdiri didepan!!”
Dengan wajah yang sangat ndongkol, aku turuti kehendak beliau. Dalam hati ku maki-maki jin tadi. Ternyata ide yang dikasih gag secemerlang dengan yang ku bayangkan. Pada akhirnya aku cuma mampu bikin tong sampah doank yang gag layak pake. Seandainya si pembawa acara “Art Attack” ngeliat hasil karyaku, mungkin langsung shock sebanyak-banyaknya..
Wew…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar